Waspadai Kebiasaan Mencuri Anak Sebagai Tanda Kleptomania

Posted on

Setelah usia anak memasuki 7 tahun diharapkan bisa lebih paham akan makna kejujuran dan juga kepemilikan barang. Dewasa ini anak telah mampu membedakan mana hal yang nyata dan hanya sekedar imajinasi, serta telah mengetahui akan menghormati barang yang dimiliki orang lain. Lalu bagaimana, jika pada seusia ini anak telah pandai berbohong dan mencuri? Apakah pendidikannya yang salah atau itu tanda kleptomania? Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa itu ciri-ciri orang yang mencuri atau malah terindikasi penyakit kleptomania?

Mengenali Ciri-Ciri Seorang Pencuri

Jika Anda merasa telah menyimpan barang dengan baik namun tiba-tiba barang atau benda berharga tersebut hilang begitu saja, Anda perlu mewaspadai jika Anda menjadi korban pencurian. Tidak ada orang lain selain anak Anda,pasti akan muncul pertanyaan apakah benar anak Anda yang mengambilnya atau mungkin ada orang lain yang masuk rumah? Jangan langsung menuduh, kenali duu ciri – ciri pencuri sebagai berikut:

  1. Jika Anda maupun orang disekitar Anda mengaku bahwa sedang mengalami musibah kehilangan uang atau barang, maka pelakunya pun akan berpura-pura mengalami hal yang sama. Entah yang kehilangan berupa barang, uang, smartphone atau benda berharga yang lain. Biasanya pelaku akan mengakui bahwa dirinya kehilangan uang juga, namun dalam jumlah yang lebih sedikit. Usaha tersebut dilakukan untuk menutupi jejaknya. Sang pelaku mencari alibi seolah dia pun ikut kehilangan sehingga akan lepas dari tuduhan.

  2. Disaat ada keributan mengenai kejadian pencurian biasanya pelaku justru lebih heboh dalam membahas hal tersebut.

  3. Jika intensitas kehilangan uang tersebut sangat tinggi maka pelaku berkedok mengalami kehilangan juga secara spontan dan biasanya jumlah uangnya lebih sedikit.

  4. Biasanya pelaku akan mengenakan suatu yang baru dalam dirinya selang kejadian pencurian selang beberapa hari.

  5. Jika terjadi kehilangan maka setelah dilakukan analisa, orang tersebut yang selalu berada dalam aktivitas korban pencurian.

  6. Dalam aktivitasnya sehari-hari seorang pelaku pencurian cenderung mempunyai banyak teman dan bersifat sangat baik sehingga saat terjadi pencurian maka tak akan ada yang menuduhnya. Hal tersebut juga digunakan untuk memperluas sasaran pencurian.

  7. Perhatikan orang yang tidak terlalu berhubungan dekat dengan pelaku, apakah mereka juga mengalami hal yang sama dengan Anda atau aman-aman saja. Jika ya, maka dipastikan orang tersebut pelakunya.

  8. Ciri-ciri orang yang yang mencuri berikutnya ialah selalu meninggalkan uang dengan nominal yang kecil di dompet korban, mereka hanya mengambil nominal uang yang besar saja.

Ini hanya sebagian ciri saja, sehingga pencuri seperti ini jelas mepertimbangkan harga atau nilai dari barang atau uang yang dicurinya. Jadi tak ada salahnya jika dugaan tersebut mengarah pada seorang anak kecil pula.

Ciri – Ciri Kleptomania

Masalah seorang pencuri dan seorang kleptomania ialah sama yaitu ingin mempunyai sesuatu yang bukan milik mereka. Namun untuk para kleptomania ini melancarkan aksinya di tempat umum hingga di rumah teman. Gangguan ini biasanya menimpa mereka yang berada di rentan usia anak-anak, remaja hingga dewasa. Berikut gejala atau ciri-ciri anak yang teridentifikasi mengidap kleptomania:

  • Para penderita akan selalu gagal dalam menolak keinginan kuat untuk mengambil barang atau benda milik orang lain. Meskipun barang atau benda yang diambil bukanlah sesuatu yang mahal.

  • Penderita kleptomania biasanya akan memiliki kecemasan dan perasaan tegang saat akan melancarkan aksinya, setelahnya akan ada perasaan senang dan puas setelah berhasil melancarkan aksinya. Tapi terdapat rasa bersalah dan menyesal setelah keberhasilan tersebut. Tapi hal tersebut pun bukan mengartikan bahwa dia akan berhenti mengambil barang orang lain.

  • Seorang kleptomania akan melakukan aksinya seorang diri dan juga spontanitas berbeda dengan mereka yang mempunyai niatan untuk mencuri. Pasti akan mempersiapkan rencana yang matang dan juga orang yang bisa diajak bekerja sama.

  • Aksi kleptomania dalam mengambil barang kepunyaan orang lain bukan didasari oleh perasaan dengki maupun balas dendam dan juga bukan pengaruh halusinasi dan delusi.

Itulah ciri-ciri orang yang mencuri dan kleptomania, mana gejala yang cenderung anak Anda alami agar mengetahui cara mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *