Cara Mengatasi Kleptomania Pada Anak

Posted on

Kleptomania merupakan suatu kondisi yang menyebabkan seorang anak tak mampu menolak keinginan untuk mengambil barang orang lain yang bukan milikinya. Meski penyakit ini tergolong jarang sekali terjadi, namun penyakit ini akan membuat penderitanya terganggu secara emosional sehingga memiliki perasaan malu untuk mencari pengobatan. Lalu bagaimana cara mengatasi anak yang mengidap kleptomania ini? apakah ada pengobatan khususnya?

Penyakit ini umumnya terbentuk saat anak memasuki usia remaja, namun ada juga yang baru muncul setelah menginjak usia dewasa. Mereka, penderita kleptomania ini melancarkan aksinya cenderung pada daerah umum, namun sebagian lagi bisa di rumah temannya.

Sebab Terjadinya Kleptomania

Belum ada jawaban pasti mengenai ini, namun perkiraannya menyebutkan jika terdapat gangguan komposisi pada otak penderitanya. Diduga kuat jika perilaku yang impulsif ini timbul disebabkan oleh gangguan zat kimia yang ada di otak. Itu bisa seperti penurunan kadar serotonin tau hormon yang mempunyai tugas untuk mengatur emosi manusia, tidak seimbangnya sistem opioid yang ada di dalam otak mampu mengakibatkan keinginan untuk mengambil barang yang bukan miliknya tak bisa ditolak, serta ada pelepasan dopamin yang membuat pelakunya mempunyai perasaan senang dan bangga atas keberhasilan dalam mengambil barang yang bukan miliknya.

Faktor Meningkatnya Resiko Kleptomania

Penyakit ini tergolong jarang menimpa seseorang. Namun demikian ada faktor-faktor yang bisa memicu peningkatan resiko seseorang bisa menderita kleptomania, antara lain:

  • Keturunan, kleptomania lebih rentan terjadi pada seorang yang dalam keluarganya terdapat penderita yang sama juga seperti pecandu alkohol dan pengguna obat terlarang.

  • Ada riwayat gangguan jiwa, ada gangguan mental lainnya yang juga dialami oleh penderita kleptomania seperti bipolar, gangguan kepribadian dan juga perasaan cemas.

  • Jenis kelamin, karena dari 3 orang yang menderita kleptomania adalah wanita.

Tiga hal tersebut yang menjadi faktor atau penyebab peningkatan seseorang mampu terserang kleptomania. Yang paling besar ialah kemungkinan sebab keturunan yang anak diajarkan secara tidak langsung oleh lingkungan keluarganya sehingga ia mengidapnya secara tidak sadar. Secara tidak sadar, ia telah belajar sehingga saat ia mencapai usia dewasa telah mampu melancarkan atau mendemonstrasikan kleptomania ini dil lingkungan sekitarnya.

Butuh ketanggapan dari orang tua dan juga lingkungan sekitar yang dapat mendorong kesembuhan anak dari penyakit ini. kasih sayang yang banyak diterimanya secara tidak langsung akan menjadi pengurang keinginan dalam memiliki barang yang bukan miliknya.

Cara Mengatasi Anak Yang Teridentifikasi Kleptomania

Meskipun penyakit gangguan mental ini tak bisa disembuhkan total, namun kondisinya bisa ditangani dengan bantuan orang ketiga seperti dokter dan psikolog. Cara mengatasi anak yang mengidap kleptomania ialah dengan memberikan pengobatan yang umum seperti mengkombinasikan antara obatan medis dan psikoterapi.

Jenis psikoterapi yang sering digunakan untuk anak yang menderita kleptomania ini merupakan terapi perilaku kognitif yang dimana pasien akan diberikan sebuah gambaran akan perbuatan yang dilakukannya secara terus menerus serta dampak apa yang mungkin akan diterimanya. Bahwa dampaknya pun bisa sampai berhubungan dengan yang berwajib. Melalui gambaran yang diberikan saat terapi diharapkan mampu membuat pasien menyadari jika apa yang ia lakukan adalah tindakan yang tidak benar jika mengambil sesuatu yang bukan menjadi milik atau haknya. Pasien pun akan diajari cara untuk mengendalikan dan melawan keinginannya yang kuat saat ingin mengambil barang orang lain.

Untuk pengobatannya secara medis, biasanya dokter akan memberikan resep anti depresan dengan jenis SSRI (selective serotonin reuptake inhibitor). Obat SSRI ini membuat kinerja serotonin menjadi lebih aktif dan efektif. Ke efektifan serotonin yang bekerja dalam otak mampu mempengaruhi otak untuk menstabilkan keinginan atau emosi dalam mengambil barang orang lain. Obat ini mampu mengurangi keinginan kuatnya tersebut. Dokter akan mendampingi pemberian obat ini dengan opioid antagonist yang mempunyai fungsi untuk menurunkan dorongan atau keinginan untuk mempunyai barang orang lain yang bisa membuatnya menjadi senang dan bahagia.

Membutuhkan pengobatan yang berkelanjutan untuk menghasilkan dan mampu menjadi cara mengatasi anak yang mengidap kleptomania ini menjadi berangsur membaik. Jika tidak maka akan timbul keinginan lagi untuk mencuri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *