8 Ciri Ciri Orang Yang Mencuri

Posted on

Siapa pun pasti tidak ingin kehilangan barang yang dimilikinya. Tetapi karena kurang waspada, benda penting itu bisa dicuri orang lain. Segera mencari tahu keberadaan barang milik Anda atau mengendus pelakunya biasanya yang dilakukan. Nah, agar memudahkan menangkap pelakunya, apa saja ciri ciri orang yang mencuri? Agar barang kesayangan bisa segera kembali ke tangan Anda.

1. Mengaku Sebagai Korban Pencurian

Aksi pencurian bisa saja dilakukan orang yang terdekat di lingkungan Anda. Bisa teman sekolah, tetangga, saudara bahkan sahabat. Jadi tetap waspada dengan barang pribadi, tapi tidak gegabah saat menuduh tersangkanya. Kala Anda atau orang lain sedang tertimpa pencurian, maka pelaku biasanya juga akan mengaku sebagai korbannya juga.

Cara itu dilakukannya agar orang lain tidak curiga kalau ternyata dialah pelakunya. Tindakan itu dilakukan guna menutupi aksinya, agar tidak terendus oleh orang lain. Sehingga dia pun akan mengaku habis kehilangan uang atau barang berharga sama seperti yang dialami orang lain. Kondisi ini memang menyamarkan pelaku sebenarnya. Untuk itu jangan langsung menuduh tanpa bukti akurat.

2. Lebih Heboh Membahas Aksi Pencurian

Kala sedang terjadi kekisruhan akibat aksi pencuri, maka pelaku juga ikut heboh seakan ingin segera menangkap pelakunya. Kemudian dia pun lebih aktif untuk membahas berbagai pencurian yang belakang sering terjadi. Lagi-lagi tindakan itu bertujuan untuk menyamarkan sasaran orang lain kepada dirinya.

3. Selamat Dari Aksi Pencurian

Kalau kebetulan aksi pencurian terjadi di lingkungan sekolah, rumah indekos dan sebagainya. Maka sang pelaku biasanya adalah satu-satunya orang yang selamat dari aksi pencurian tersebut. Padahal teman-teman lainnya secara bergiliran menjadi korban pencurian.  Secara spontan akan mengaku kalau dirinya juga menjadi korban. Khususnya kalau sudah ada teman lain yang mengaku mengalami pencurian.

4. Pelaku Pencurian Dekat Dengan Korbannya

Untuk mengungkap siapa pencuri yang sebenarnya, maka bisa melakukan analisa terhadap kronologi kejadiannya. Biasanya pelaku selalu menyertai aktivitas korbannya, sehingga tahu betul kelemahan setiap korbannya. Sehingga pelaku dengan leluasa melakukan aksi pencuriannya. Bahkan tanpa meninggalkan jejak, sehingga sulit mengungkapnya sebagai pelakunya.

5. Terlihat Memiliki Barang Baru

Pada umumnya pelaku pencurian selalu tidak sabar untuk menikmati atau memakai hasil pencuriannya. Kalau yang dicurinya adalah uang biasanya dia akan tampil dengan barang baru. Kejadian ini biasanya tidak berlangsung lama setelah terjadi aksi pencuriannya. Nah, kalau ternyata orang di sekeliling Anda bertingkah seperti itu bisa jadi dia adalah pelakunya.

Tapi tetap harus bijak dengan menyelidikinya terlebih dahulu. Terkait darimana dia mendapatkan barang yang terbilang mahal. Nah, cara tersebut bisa untuk memantau apakah tersangka mempunyai ciri ciri orang yang mencuri. Dengan begitu, tidak pernah salah sangka atau salah tangkap pelakunya.

6. Selalu Terlihat Baik Di Depan Teman-Temannya

Pastinya perilaku tersebut bukan selalu berkonotasi negatif. Namun, sebagian orang yang suka mencuri barang kepunyaan teman-temannya melakukan tindakan tersebut. caranya itu dilakukan agar tidak ada teman yang berburuk sangka terhadapnya. Termasuk bila terjadi rentetan aksi pencurian yang merugikan banyak orang.

Pelaku pencurian bergaul dengan sangat baik dan memiliki banyak kenalan. Tujuannya agar semakin luas juga target sasarannya. Jadi orang yang selalu terlihat baik, tidak selamanya baik juga di belakang Anda. Kuncinya tetap waspada, supaya tidak menjadi korban pencurian.

7. Selalu Memegang Dompet Atau Wadah Tertentu

Pelaku pencurian biasanya terlihat senang memegang dompet atau wadah tertentu yang bisa digunakan untuk menempatkan hasil curiannya. Tanpa dilihat, dicurigai dan diketahui oleh orang lain. Tujuannya agar melancarkan aksi pencurian dan meninggalkan jejak kejahatan dengan mudah. Kecepatan tangannya memang luar biasa, dan mentalnya sudah terbentuk karena sudah terbiasa.

8. Tidak Takut Dengan Risiko Kejahatannya

Pencurian sekecil apapun tetap sebuah perilaku tidak terpuji. Kalau aksinya tidak pernah ketahuan, atau tidak pernah dijatuhi hukuman tertentu, maka dia bisa berulah lebih parah. Bila merasa sudah ahli, maka rasa takut saat melakukan pencurian sudah tidak ada. Bahkan juga tidak memiliki perasaan bersalah atau kasihan dengan korbannya. Sehingga dia terus melakukan aksi pencuriannya tanpa pandang bulu.

Bahkan pelaku bisa saja tidak lagi memikirkan tempatnya mencuri. Dia akan menikmati aktivitas negatifnya itu di tempat keramaian, seperti pusat perbelanjaan, pasar, bus umum, sekolah, kampus dan sebagainya. Kepuasan batin akan dirasakannya ketika sukses mencuri. Jadi pahami ciri ciri orang yang mencuri agar Anda terlepas dari korbannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *